Posted by Unknown
Posted on Minggu, November 11, 2012
with 5 comments
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
VESPA
KONGO adalah vespa penghargaan dari pemerintah Indonesia kepada
kontingen Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Kongo
saat itu. Pasukan bernama Kontingen Garuda (disingkat KONGA atau Pasukan
Garuda) yang turut diperhitungkan di dunia dibandingkan pasukan
perdamaian negara lain itu adalah pasukan Tentara Nasional Indonesia
yang ditugaskan sebagai pasukan perdamaian di negara lain. Indonesia
mulai turut serta mengirim pasukannya sebagai bagian dari pasukan
penjaga perdamaian PBB sejak 1957. Awalnya, saat Indonesia merdeka pada
tanggal 17 Agustus 1945, Mesir langsung mengadakan sidang menteri luar
negeri negara-negara Liga Arab dan merupakan negara pertama yang
mengakui kedaulatan Indonesia dengan datang langsung ke Ibu Kota RI
waktu itu yaitu Yogyakarta. Untuk membalas budi Mesir dan Liga Arab,
Presiden Sukarno membalas pembelaan negara-negara Arab di forum
internasional dengan mengunjungi Mesir dan Arab Saudi pada 1956 dan Irak
pada April 1960.
Pada 1956, ketika Majelis Umum PBB memutuskan menarik mundur pasukan
Inggris, Prancis dan Israel dari wilayah Mesir, Indonesia mendukung
keputusan itu dan untuk pertama kalinya mengirim Pasukan Pemelihara
Perdamaian PBB ke Mesir yang dinamakan dengan Kontingen Garuda I atau
KONGA I.
KONGA II dikirim ke Kongo pada 1960 di bawah misi UNOC dengan jumlah
pasukan 1.074 orang, bertugas di Kongo September 1960 hingga Mei 1961.
KONGA III dikirim ke Kongo pada 1962 di bawah misi UNOC dengan jumlah
pasukan 3.457 orang, terdiri atas Batalyon 531/Raiders, satuan-satuan
Kodam II/Bukit Barisan, Batalyon Kavaleri 7, dan unsur bantuan tempur,
bertugas hingga akhir 1963. Menpangad Letjen TNI Ahmad Yani pernah
berkunjung ke Markas Pasukan PBB di Kongo (ketika itu bernama Zaire)
pada tanggal 19 Mei 1963.
Pemerintah Republik Indonesia berupa Vespa (sumber lain mengatakan ada
juga penghargaan berbentuk uang dan beberapa peti jarum jahit). Di
pasaran diketahui adanya vespa Kongo tahun 1963 untuk kontingen 2 dan 3.
Kurang diketahui apakah kontingen 1 juga mendapatkannya, karena
informasi semacam ini tidak mudah didapat. Yang menarik dan tidak
diketahui banyak orang, pemberian vespa tersebut tidak terlepas dari
tradisi dalam dunia kemiliteran dalam hal kepangkatan. Vespa berwarna
hijau 150cc ditujukan bagi tentara yang lebih tinggi tingkat
kepangkatannya, disusul vespa berwarna kuning dan biru 125cc untuk
tingkat kepangkatan yang lebih rendah.
Selain itu guna membedakan vespa tersebut dari vespa lain yang satu
tipe, disematkan tanda nomor prajurit yang bersangkutan pada sisi
sebelah kiri handlebar (stang) yang berbentuk oval terbuat dari bahan
kuningan serta sebuah piagam penghargaan yang menyertainya. Maka
berseliweranlah vespa-vespa tersebut di jalan-jalan sehingga vespa
dengan pantat bulat tersebut dikenal sebagian masyarakat sebagai vespa
Kongo, sementara sebagian lain justru menyamaratakan dengan nama vespa
ndog (telur) karena bagian samping kanan kirinya bulat mirip telur.
Vespa Congo tidak diproduksi di Italia melainkan di Jerman. Dengan
berbahan baku plat baja yang lebih keras daripada Vespa bulat umumnya,
vespa ini memiliki tingkat kelengkapan yang lebih daripada vespa buatan
Italia yang umum beredar di Indonesia (VBB1T maupun VBB2T).
Jacob Oswald Hoffmann adalah orang Jerman yang berjasa memasukkan
vespa ke Jerman. Kerjasama vespa dengan Hoffmann putus awal tahun 1955
karena Hoffmann mendesain model sport sendiri. Kemudian vespa
bekerjasama dengan Messerschmitt Co. yang kemudian mengeluarkan produksi
vespa pertamanya pada tahun 1955 itu juga. Mereka mengeluarkan dua
model yaitu Vespa GS yang di Indonesia sering disebut sebagai GS versi
Jerman dan 150 Touren. Mereka juga menyediakan purna jual dan service
serta spare part bagi Vespa produksi Hoffmann. Kerjasama ini berlanjut
hingga akhir tahun 1957. Vespa GmbH Augsburg kemudian berdiri pada tahun
1958 sebagai sebuah perusahaan patungan antara Piaggio dan Martial Fane
Organisation, kongsi ini kemudian juga menyediakan beberapa bagian bagi
Vespa Messerschmitt. Saat kerjasama dengan Augsburg inilah Vespa Congo
diorder untuk Indonesia.
Kedua model yang dibuat saat berkongsi dengan Messerchmitt (150 Touren
dan GS) kemudian dikembangkan dengan beberapa modifikasi. Selain itu
Vespa GmbH Augsburg juga melahirkan Vespa 125 cc yang pertama kali
diperkenalkan dalam tahun 1958. Produksi berlanjut hingga tahun 1963,
yang merupakan saat puncak perubahan skuter dan diproduksinya yang sudah
tidak terlalu banyak. Selanjutnya, Jerman memilih hanya mengimpor Vespa
langsung dari Itali.
Posted by Unknown
Posted on Minggu, November 11, 2012
with No comments
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Dampak penyalah gunaan ganja dalam dosis rendah dan menengah.
- mengalami hilaritas (membuat keributan)
- oquacous mengalami euforia (euforia dan tertawa non-stop)
- mengubah persepsi ruang dan waktu
- penurunan kemampuan koordinasi, penilaian, dan memori
- peningkatan visual dan auditori sensitivitas (tapi lebih ke arah halusinasi)
- memiliki konjungtivitis (peradangan pada saluran pernafasan), dan memiliki bronkitis (radang paru-paru)
Dampak dosis tinggi penyalahgunaan ganja.
- mengalami ilusi (khayalan)
- delusi (terlalu banyak penekanan pada keyakinan yang tidak nyata)
- depresi (tekanan mental)
- kebingungan
- keterasingan (keterasingan)
- halusinasi (biasa nya disertai dengan gejala psikotik seperti ketakutan dan agresi).
pemakaian ganja secara rutin / berkepanjangan.
a. Gangguan fisik :
- Berpengalaman pneumonia
- iritasi dan pembengkakan jalan napas
- mengalami kerusakan pada aliran darah koroner
- risiko kanker ( karsinogen dalam ganja jauh lebih tinggi dari pada tembakau)
- penurunan daya tahan tubuh
- penurunan kadar hormon pertumbuhan ( hormon tiroksin / hormon tiroid ) dan hormon seks pada pria dan wanita
- penurunan produksi sperma pada pria
- gangguan menstruasi dan aborsi pada wanita
b. gangguan mentalm ( psikologis ) :
- kecemasan (ansienitas) selama 10 - 30 menit
- hiperaktif karena (aktivitas motorik mengalami peningkatan yang berlebihan)
- halusinasi visual ( dalam bentuk kilatan cahaya, warna-warni cemerlang, amorfiaq, bentuk geometris, dan wajah dari seseorang )
- munculnya persepsi visual dan auditori sensorik tanpa adanya rangsangan ( khayalan dalam bentuk penglihatan / pendenggaran )
- mengubah persepsi waktu dan ruang ( satu meter dirasakan lima meter, sembilan menit dirasakan satu jam)
- pengalaman euforia (kegembiraan yang berlebihan)
- banyak bicara (merasa percakapan besar)
- seluruh kaki terasa ringan
- mudah terganggu
- curiga ( tidak menimbulkan rasa takut, cenderung mengejek )
- merasa lebih menikmati musik
- memiliki kepercayaan diri yang berlebihan
- mengalami sinestesia ( melihat warna kuning setiap kali mendengar nada tertentu)
- mengantuk dan tidur nyenyak tanpa mimpi setelah mengalami halusinasi visual selama sekitar 2 sampai 3 jam
Posted by Unknown
Posted on Minggu, November 11, 2012
with No comments
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Garis Sejarah
Motor Vespa motor-skuter pertama kali diproduksi oleh Piaggio & Co
SpA dari Pontedera, Italia pada tahun 1946.
Perusahaan
Piaggio didirikan oleh Rinaldo Piaggio (1864-1938) pada tahun 1884,
mulai manufaktur lokomotif dan kereta kereta api di Genoa, Italia. Pada
awal Perang Dunia II, perusahaan Piaggio, Industrie Aeronautiche e
Meccaniche Rinaldo Piaggio SpA, adalah salah satu pemasok terkemuka
Italia pesawat tempur.
Selama kampanye pengeboman sekutu
terhadap infrastruktur industri militer Italia, Piaggio Costruzione
Meccaniche Nazionali di pabrik-pabrik di Pontedera Finale Ligure, Genoa
dan Pontedera hancur total. Dalam periode rekonstruksi pasca-perang
pertengahan 1940-an, Rinaldo Piaggio anak Enrico memutuskan bahwa
perusahaan Piaggio akan meninggalkan bidang penerbangan, dan sebagai
gantinya, berfokus pada transportasi murah manufaktur yang sangat
dibutuhkan untuk membantu membangun kembali ekonomi Italia hancur.
"Tawon" Para MP6 Vespa Prototipe
Tugas
merancang mode, transportasi murah baru ditugaskan untuk insinyur
'Vittoria Casini dan Renzo Spolti. Pada tahun 1943, memperkenalkan
skuter Piaggio pertama mereka dibangun di sebuah pabrik di Biella
(Piemonte), yang "Moto Piaggio 5" (MP5 Paperino), dijuluki "Pato Donald"
(Donald Bebek) oleh para pekerja pabrik. Para Paperino menggunakan 98
cc Sachs menyalakan dua motor yang dibuat di Jerman.
Enrico
Piaggio tidak terlalu senang dengan tampilan MP5, sehingga ia berpaling
desain pekerjaan ke Corradino D'Ascanio (1891-1981), yang sebelumnya
seorang insinyur penerbangan untuk Costruzioni Aeronautiche Agusta SpA
penerbangan. D'Ascanio persyaratan desain adalah untuk menciptakan
sebuah kendaraan roda dua yang terjangkau, mudah dioperasikan, dan dapat
diakses oleh berbagai driver dengan memanfaatkan desain melalui
langkah-yang akan menarik bagi pria dan wanita.
D'Ascanio's
penciptaan baru diluncurkan pada tahun 1945, di bawah kode nama MP6
"Vespa," yang berarti "Tawon" dalam bahasa Italia. The "Vespa" nama
diciptakan oleh Enrico Piaggio, yang pertama mengomentari melihat
prototipe MP6: ". Ini mengingatkan saya tawon" "una vespa Sembra," atau
Vespa yang telah jelas non-sepeda motor di desain dan penampilan, lebih
lanjut menambahkan daya tariknya dengan seks yang lebih adil.
Asal dari Scooter 'Langkah-Melalui' (Auto-Fauteuil)
"Langkah-melalui"
motor skuter ini tentu bukan konsep baru, menelusuri akarnya kembali ke
1902 Prancis, dengan pengenalan 3hp "Auto-Fauteuil." Meskipun tata
letak desain dasar Vespa secara longgar didasarkan pada prinsip
Auto-Fauteuil, pengaruh utama berasal dari kontemporer mencari
"50-Series Auto-Glide" langkah-melalui motor skuter, yang diproduksi
oleh Motor Cushman Pekerjaan Lincoln, Nebraska, sejak 1936.
Langkah
lain-melalui-sama dirancang skuter yang disebut "Motor Glide" dirancang
oleh E. Foster Salsbury dari Oakland, California, mulai tahun 1936.
Vespa 98
Model
motor Vespa pertama untuk menggulung dari jalur perakitan disebut
"Vespa 98," yang diluncurkan pada tahun 1946. Meskipun 98 Vespa adalah
fitur di sampul La Moto dan majalah Motorciclismo di awal 1946, reaksi
awal dicampur, sehingga hanya lima puluh diproduksi di pabrik baru yang
terletak di Pontedera, Tuscany.
Awalnya, sejara motor Vespa
baru dipasarkan melalui dealer mobil Lancia, dan penjualan terus naik ke
lebih dari 2.400 unit di tahun model pertama. Para 98 memiliki poros
drive eksternal antara roda belakang dan berpendingin udara 2-tak motor
dengan kecepatan tertinggi 75 km / jam Pada tahun 1948, Piaggio keluar
dengan V1T itu - V15T dengan 125 (124,8 cc) motor.
Peningkatan
berikutnya datang pada tahun 1947, dengan Seri 2 yang didesain ulang
untuk membuat roda dan ban mudah berubah. Bahkan ada versi ramping balap
disebut Vespa Corsa 98, yang memiliki kecepatan tertinggi 80 km /
jam!Ada juga Vespa 98 "Racing Circuit" yang digunakan sebagai
laboratorium bergulir untuk inovasi desain masa depan.
Motor Vespa Racing Warisan
Pada
tahun 1948, Vespa mulai untuk terus meningkatkan perpindahan dua-stroke
motor nya, dengan pengenalan dari Vespa 125. Pada 1949, Vespa
sebenarnya mulai menempatkan baik di sirkuit balap, dengan 125 nya Corsa
"telaio di Lega" (chasis paduan) pembalap GP. Pada tahun 1950, Vespa
ditempatkan pertama dan kedua di Grand Prix Bologna, riden oleh Giuseppe
Cau dan Dino Mazzoncini.
Pada awal 1950-an, Vespa sedang
membangun beberapa pembalap yang inovatif, pengaturan semua jenis
catatan untuk classs perpindahan mereka.Vespa "Monthery" adalah skuter
ketahanan / tanah streamline kecepatan yang mematahkan rekor dunia lebih
dari tujuh belas termasuk menjalankan 1-jam dengan kecepatan rata-rata
134km / h; lari 100-mil dengan kecepatan rata-rata 129.7km / h; dan
berjalan 1.000 mil dengan kecepatan rata-rata 124.3km / jam!
Salah
satunya forays Vespa ke dunia multi-silinder kendaraan itu dengan
D'Ascanio's Vespa super streamline "Siluro," yang digunakan 124,5 cc
horizontal-lawan kembar, memproduksi lebih dari 17 hp @ rpm 9500. Pada
tahun 1951, memecahkan rekor Siluro kilometer berdiri di 21,4 detik
dengan kecepatan rata-rata 171,1 124.3km / h.
Motor Vespa mengambil Dunia
Sepanjang
1940-an, Vespa mulai menembus pasar luar negeri di seluruh Eropa,
memperkuat dominasinya di pasar skuter langkah-melalui.
Para GS150
Vespa (Gran Sport) model VS1 diperkenalkan pada tahun 1955, menampilkan
sebuah motor 150cc yang menghasilkan 8 hp pada 7000 rpm. Gran Sport VS1
melalui VS5 dikenal untuk lini anggun mereka, dan bulat lembaran logam
bekerja, dan dibangun antara tahun 1955 dan 1961.
Vespa Desain dan Konstruksi
Vespa
yang telah dirancang di sekitar sebuah chassis unibody yang dibuat dari
lembaran-logam cap, dengan cowlings yang menutupi mesin, dan fairing
bawah berkontur yang bertindak sebagai penjaga lumpur. Mesin adalah
sebuah motor satu silinder dua-stroke 'lebar bingkai'. Aksesori opsional
termasuk rak depan dan belakang dan ban kit cadang 'benua'.
Selama
sepuluh tahun pertama dalam produksi, Vespa terjual lebih dari satu juta
unit. Memutuskan untuk memperluas keberhasilan mereka dalam arena
skuter, Piaggio memperkenalkan Vespa 400 mobil di 1957.In 1959, Piaggio
dibeli oleh Fiat SpA, yang dimiliki pada saat itu oleh keluarga Agnelli.
Selama tahun 1960, Vespa VBB dijual dengan model, VBC, dan VLB; yang
menggunakan 4 kecepatan transmisi manual dan 150 cc dua-stroke engine.
Pada tahun 1968, Vespa dihentikan 'piston-porting' nya 2-stroke motor,
terakhir digunakan pada SS 180 SuperSport. Piaggio & CSpA telah
memiliki beberapa Marques Italia selama bertahun-tahun, termasuk
Aprillia, Gilera, Laverda dan Moto Guzzi.
Keluarga kami memiliki
Vespa asli yang digunakan dalam 'Roman Holiday' komedi romantis 1953
Audrey Hepburn dan Gregory Peck menatap. Skuter adalah hadiah dari
sutradara Billy Wilder, yang adalah co-produser film dengan kakek saya,
Don Hartman.
Vespa Vintage Model (1944-1980)
Vespa MP5 & MP6 Prototip - 1944-1945
Vespa 98-1946
Vespa Corsa - 1947
Vespa 125 - 1948
Vespa GS 150 - VS1 untuk VS5 Gran Sport - 1955-1961
Vespa GS 160 - MK1 untuk MK2 - 1962
Vespa GT Gran Turismo & Sportique - 1962-1967
Vespa 125 super & super VBC 150 - 1965-1979
Vespa Sprint Veloce Sprint & VLB - 1969-1979
Vespa SS 180 SuperSport - 1964-1968
Vespa Rally - 1968-1972
Vespa 50 & 50 Khusus - 1964-1973
Vespa Primavera - 1968-1976
Vespa PX - 1980-1982
Vespa Hari ini
Vespa
Piaggio dan berhasil kembali memasuki pasar AS pada tahun 2001, di
bawah kepemilikan Roberto Colaninno, dan merek Aprilia ditambahkan ke
baris skuter.
Seperti Volkswagen Beetle, atau Mini Cooper, Vespa
telah bentuk segera dikenali yang direndam dalam nostalgia dan
romantisme, memberikan status kultus dekat. Vespas yang dipamerkan di
Guggenheim di New York dan Centre Pompidou di Paris.
Hari ini, Piaggio merupakan sebuah perusahaan publik yang dijual di pasar ekuitas AS di bawah simbol ticker: PIAGF.